Senin, 18 April 2016

MANFAAT BUAH PEPAYA



Buah Pepaya nama latinnya adalah (Carica papaya) tumbuh subur di daerah iklim tropis,biasa kita jumpai di pekarangan rumah warga. Bahkan tak jarang jenis tanaman buah ini sangat banyak yang menanamnya. selain itu buah ini dapat dinikmati dari yang masih muda sampai yang sudah matang, pepaya memang memiliki banyak khasiat yang berlimpah. Bahkan pepaya juga memiliki banyak manfaat, nggak heran kalau banyak yang menyukai buah yang satu ini, mulai dari kalangan anak-anak sampai dewasa bahkan untuk yang sudah usia lanjut juga dapat memakannya yang dikarenakan buahnya lembut dan mudah digigit. Siapa sich yang nggak suka sama buah yang satu ini… hehehe

Kandungan dari buah papaya ini 120 kalori,30 gram karbohidrat(5 gram serat dan 18 gram gula) dan 2 gram protein.sehingga papaya ini memberikan 224% dari kebutuhan harian. Kandungan papaya yang lain adalah
Folat,Magnesium,Tembaga,Asam Pantontenat,Fiber 3,Vitamin B,Alfa,Beta Karoten,Lutein,Zeaxanthin,Vitamin E,Kalsium,Kalium,Vitamin K,Lycopene

Beberapa Manfaat papaya antara lain:

1. Bila anda susah BAB , papaya solusinya karena papaya mengandung enzim pencerenaan yaitu papain yang berguna untuk membantu dalam pencernaan,mengandung serat dan kadar air yang tinggi sehingga sangat baik untuk pencegahan sembelit,dan menyehatkan saluran pencernaan.

2. Dapat mempercepat penyembuhan luka,dan mencegah infeksi daerah kulit terbakar.enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam papaya mampu berfungsi seperti salep.

3. Kandungan serat,kalium,dan vitamin dalam papaya dapat membantu mencegah penyakit jantung,asupan pada kalium yang bersamamaan dengan penurunan asupan natrium merupakan perubahan pola makan yang paling penting,dan dapt mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.enzim papaya juga dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol yang dapat menekan kadar kolestrol dan mencegah gejala penyakit jantung.

4. Dapat menyehatkan tulang, kekurangan vitamin K adalah resiko yang lebih tinggi dari patah tulang.maka dari itu penting untuk mengkonsumsi buah papaya untuk mencukupi kebutuhan vitamin K, tentunya untuk membentuk tulang yang baik bukan.

5. Bagi penderita  arthritis,osteoporosis,edama rasa sakitnya dapat dihilangkan karena papaya mengandung enzim anti inflamasi ,enzim tersebut juga memiliki sifat mencegah kanker.

6. Mengkonsumsi papaya yang memiliki banyak nutrisi beta karoten, dapat mencegah penyakit asma, dan dapat meningkatan sistem kekebalan tubuh dari dalam oleh karena itu mengkonsumsi buah papaya dapat mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu, dan meredakan demam

7. Yang terakhir dapat mengurangi berat badan.

8. Pepaya juga dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Karena kenaikan kadar hemoglobin dapat membantu penyerapan oksigen,sehingga mengatasi anemia dan masalah pernapasan.

Sedikit ulasan tentang manfaat buah papaya muda yang saya ketahui :

1. Pada Buah Pepaya muda dapat menyembuhkan konstipasi secara alami karena papain yang terkandung pada papaya muda jauh lebih banyak dari papaya yang sudah matang

2. Dapat membersihkan usus, apabila mengkonsumsi jus papaya muda karena semua nutrisi dan mineralnya.dapat menyehatkan pencernaan dan membersihkan zat beracun dan kotoran yang tak diinginkanya.

3. Dapat melindungi dari infeksi saluran kemih, dengan mengkonsumi jus papaya muda untuk mencegah berkumpulnya bakteri pada saluran kemih.

4. Dapat meingkatkan produksi ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

Di dalam papaya muda terdapat enzim yang dapat merangsang pertumbuhan payudara,selain itu kandungan vitamin A yang berlimpah mampu memberi rasangan kepada indung telur untuk memproduksi hormone kewanitaan sehingga kalenjar dn otot-otot sekitar payudara menjadi kencang.
Meskipun buah papaya ini kaya akan manfaatnya,namun terdapat resiko bagi penderita alergi terhadap bahan lateks,kerena pepaya mengandung chitanases,yang dapat menyebabkan reaksi silang terhadap lateks atau makanan yang mengandung zat tersebut.
Naah guys.. jangan lupa ya buat mengkonsumsi buah pepayanya yang sudah jelas banyak manfaatnya.. ^^v

Load disqus comments

0 komentar